Skip to content

Pensiun: Bagaimana Bila Tempat Kerja Tidak Ada Pensiun?

October 31, 2012

rupiah (source: lilieks@sxc.hu)

Setiap orang pada masa pensiun pasti mengharapkan kehidupan yang nyaman. Namun tidak setiap orang beruntung mendapat uang pensiun pada masa pensiunnya.

Banyak perusahaan yang tidak mempunyai program pensiun bagi karyawannya, mungkin karena perusahaannya masih kecil, atau mungkin karena memang perusahaannya tidak peduli sama karyawannya.

Mungkin anda karyawan kontrak, atau kerja di perusahaan outsourcing, yang tidak ada program pensiun? Atau mungkin anda seorang pekerja mandiri atau wiraswasta yang tidak pernah terpikirkan untuk mempunyai uang pensiun?

Apapun profesi anda, anda dapat mengikuti program pensiun di Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) yang diselenggarakan oleh lembaga keuangan seperti asuransi jiwa dan bank umum.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK adalah badan hukum yang didirikan oleh lembaga keuangan (asuransi jiwa/bank umum) dengan sistem keuangan dan manajemen yang terpisah dari pendirinya. Karena terpisah dari pendirinya, bila pendirinya bangkrut maka DPLK tidak terpengaruh; begitu juga sebaliknya.

DPLK hanya bisa menyelenggarakan program pensiun Iuran Pasti (lihat: jenis program pensiun). DPLK akan menghimpun iuran pensiun dari anggotanya, dan melakukan pengembangan (investasi) dalam berbagai jenis portofolio. Pada saat usia pensiun, manfaat pensiun yang diterima oleh peserta adalah total iuran pensiun dan hasil pengembangannya.

Bila investasinya untung banyak, tentunya maka manfaat pensiun yang diterima juga bertambah. Namun bila investasinya rugi, maka manfaat pensiun yang diterima peserta juga berkurang.

Siapa peserta DPLK?

Tidak semua perusahaan mampu mendirikan dana pensiun tersendiri. Perusahaan seperti itu biasanya mempercayakan DPLK untuk mengelola uang pensiun karyawannya. Jadi tiap bulan perusahaan tinggal membayar iuran ke DPLK, kemudian DPLK yang mengelola uang tersebut, dan pada saat pensiun dana akan diberikan kepada karyawan.

Namun tidak hanya perusahaan yang bisa menjadi peserta, peserta individu pun bisa mengikuti program pensiun ini. Apapun pekerjaan anda, selama anda mempunyai penghasilan, anda bisa menjadi peserta DPLK.

Yang membedakan antara peserta individu dan perusahaan adalah iurannya. Iuran peserta perusahaan merupakan gabungan iuran dari pemberi kerja dan karyawan itu sendiri. Sedang iuran peserta individu seluruhnya berasal dari uang peserta itu sendiri.

Berapa manfaat pensiun yang diterima dari DPLK?

Manfaat pensiun yang diterima tentunya tergantung dari jumlah iuran yang dibayarkan tiap bulannya. Bila anda mengikuti program pensiun selama 200 bulan dengan iuran per bulannya sebesar Rp 1 juta, maka pada saat pensiun anda akan menerima Rp 200 juta ditambah dengan hasil pengembangannya.

Untuk nominal tertentu, manfaat pensiun tidak bisa diambil seluruhnya, sekitar 80% harus dibelikan produk anuitas seumur hidup. Untuk lebih jelas, silakan baca Apakah manfaat pensiun bisa diambil semua?

Mengapa harus ikut dana pensiun, kenapa tidak berinvestasi sendiri?

Banyak orang tidak punya waktu untuk mengelola keuangannya sendiri dan tidak semua orang pintar berinvestasi sendiri. Berinvestasi sendiri butuh waktu untuk belajar, dan coba-coba. Kadang karena keterbatasan pengetahuan, uang investasi bisa amblas.

Kalau anda bisa berinvestasi sendiri malah bagus, namun mengikuti program pensiun di DPLK juga tidak ada salahnya. Mengikuti DPLK memang ada risikonya, tetapi pengelola DPLK tentunya mempunyai kemampuan di atas rata-rata kebanyakan orang. Jadi tidak ada salahnya anda mendiversifikasi risiko dengan berinvestasi sendiri dan mengikuti DPLK.

Mengikuti program pensiun DPLK bisa memberikan rasa aman di masa depan, karena kesinambungan penghasilan lebih terjamin di hari tua.

Info lebih lanjut tentang DPLK?

Untuk info lebih lanjut tentang DPLK dapat anda tanyakan di DPLK terdekat. Bank umum seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Muamalat, dan BRI memiliki DPLK; anda bisa menanyakan syarat dan ketentuan untuk mengikuti program ini di kantor cabang terdekat.

Untuk sebagian DPLK lainnya bisa anda lihat di sini.

From → Opini

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: