Skip to content

Prediksi Futurolog Abal-Abal: 2014 tahun krusial bagi Indonesia

March 14, 2012

Tulisan ini lanjutan dari prediksi seorang futurolog abal-abal, prediksi tanpa dasar yang jelas dan cuma kira-kira, makanya disebut abal-abal.

Tahun 2014, kemungkinan adalah tahun yang sangat penting buat Indonesia. Bukan hanya karena di tahun tersebut ada pemilihan presiden, namun juga akan ada beberapa ujian penting bagi Indonesia.

Jikalau tahun 2014 bisa dilewati dengan mulus, berarti Indonesia bakalan lebih maju dari sekarang. Kalau tahun 2014 banyak terjadi konflik yang tidak jelas ujung pangkalnya, kemungkinan besar tahun-tahun selanjutnya akan lebih sulit lagi.

Ekonomi

Ekonomi di Amerika kelihatannya mulai tumbuh lagi dilihat dari turunnya jumlah pengangguran dan naiknya pasar retail. Namun pertumbuhan ini kemungkinan sifatnya sementara, karena sebelum pemilihan presiden biasanya ada stimulus ekonomi dari presiden yang berkuasa, agar ekonomi kelihatan membaik. Tetapi masalah utama Amerika yaitu utang yang menumpuk masih belum selesai dan akan menjadi bom waktu setelah presiden Amerika terpilih di 2012.

Ekonomi di Eropa kemungkinan bertambah parah di tahun-tahun selanjutnya. Rata-rata prediksi pertumbuhan ekonomi tahun ini turun dibanding tahun sebelumnya. Yunani masih akan menjadi masalah bagi uni eropa. Selanjutnya negara seperti Cyprus, Portugal, Ireland, Spanyol, dan Italia akan menjadi bom waktu tersendiri bagi uni eropa.

Prediksi ekonomi di Asia ada yang naik ada yang turun. Pertumbuhan ekonomi di Cina diprediksi akan melambat, India diprediksi tumbuh daripada sebelumnya yang sempat turun.

Indonesia?

Indonesia diprediksi masih tumbuh dari tahun sebelumnya atau setidaknya pertumbuhannya masih sama dengan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini dipengaruhi oleh permintaan pasar dalam negeri yang tinggi. Terima kasih terhadap masyarakat Indonesia yang hidupnya cenderung boros.

Ekonomi dunia mulai bergeser ke negara-negara emerging market seperti Brasil, Rusia, India, Cina dan Afrika Selatan. Indonesia sendiri termasuk emerging market, namun ekonominya masih di bawah negara-negara yang disebutkan sebelumnya. Indonesia sebagai emerging market, harus bisa memanfaatkan momentum pelemahan ekonomi Amerika dan Eropa.

Indonesia akan menghadapi tingginya inflasi rupiah akibat kenaikan harga minyak. Harga minyak yang setiap saat bisa naik, memaksa pemerintah untuk segera mengurangi subsidi BBM agar tidak terjadi defisit anggaran. Kenaikan BBM ini akan menyulut naiknya inflasi.

Dilihat dari inflasi yang akan semakin tinggi, dan krisis dunia yang mungkin akan memburuk, ekonomi Indonesia mungkin akan melambat. Ditambah lagi dengan ekonomi Indonesia yang berbiaya tinggi karena korupsi, infrastruktur jelek, dan bla bla bla lainnya.

Sebelum pemilu 2014 akan terjadi pertumbuhan ekonomi sementara, karena akan ada “bagi-bagi duit” entah darimana asalnya. Namun setelah pemilu akan terlihat keadaan ekonomi kita sebenarnya.

Tahun 2012-2014 akan menjadi tahun-tahun penentuan apakah Indonesia masih seksi untuk menjadi emerging market, atau kandas terseret krisis ekonomi global.

Politik

Tahun-tahun menjelang pemilu akan menjadi tahun yang “rame”. Sodok sana sodok sini akan terjadi di mana-mana. Demi kelihatan bersih, maling teriak maling sudah biasa. Rusuh-rusuh sebelum pemilu sudah jamak. Demo penurunan presiden akan merebak, namun kemungkinan kecil presiden yang sekarang turun di tengah jalan, karena pemilu tinggal sebentar lagi.

Blablaba…dan sebagainya dan seterusnya. Bisa ditebak sendiri apa yang terjadi sebelum pemilihan presiden 2014.

Namun yang perlu dicermati adalah tidak banyak kandidat kuat calon presiden yang “mresideni”, yang mempunyai pawakan cocok buat presiden, ganteng, kekar, tampang winner  yang cocok dipilih oleh ibu-ibu. Kandidat yang kemungkinan muncul adalah muka-muka lama, ataupun kalau ada yang baru pawakannya “nggilani”, muka looser, tampang suka mengeluh, dan haus kekuasaan.

Memang ada muncul nama-nama baru yang kelihatannya negarawan, tapi peluang untuk menang tidaklah besar. Mungkin di kota besar bisa menang, tetapi di daerah-daerah namanya belum bergaung.

Nah presiden yang terpilih nantinya (jika ada yang terpilih), yang akan menentukan mau dibawa kemana negara Indonesia ini.

Sosial

Dampak sosial kenaikan BBM akan terasa. Apalagi kenaikannya hampir 35%. Harga-harga bakal naik. Banyak orang tiba-tiba menjadi miskin akibat kenaikan harga-harga ini.

Demo kenaikan BBM akan terjadi di bulan-bulan pertama. Demo akan terus berlanjut karena kemungkinan kenaikan BBM tidak hanya sekali namun bisa dua atau tiga kali lagi, mengingat harga minyak mentah dunia yang harganya cenderung naik.

Bila demo ditangani dengan baik, kerusuhan tidak akan terjadi. Namun jika ada pendemo yang tertembak mati maka kerusuhan akan terjadi di mana-mana.

Apalagi menjelang pemilu, orang-orang yang punya kepentingan tertentu, akan melakukan operasi intelejen untuk mengacaukan suasana kepemimpinan sekarang. Bisa jadi ada pihak-pihak yang memprovokasi demo-demo tersebut menjadi rusuh.

Selain dampak kenaikan BBM, konflik horisontal suku dan agama masih akan mewarnai hari-hari Indonesia. Apalagi agen-agen intelejen di atas sudah mulai berdatangan mulai menyulut konflik-konflik di berbagai tempat di Indonesia.

Kalau semua masalah sosial tertangani dengan baik sampai 2014, tahun-tahun selanjutnya akan semakin baik. Kalau tidak tertangani dengan baik, konflik sosial ini akan memperburuk keadaan Indonesia, mungkin ada provinsi tertentu yang akan memisahkan diri.

Bencana Alam

Bencana alam kemungkinan masih setia mengunjungi Indonesia. Gempa bumi pasti datang dengan daya rusak yang bervariasi. Gunung berapi pasti meletus tapi tidak tahu kapan. Yang pasti banjir bandang akan terjadi setiap musim penghujan akibat penggundulan hutan.

Ada sebuah ramalan kuno dari abad ke-12 yang mengatakan:

Before the Comet comes, many nations, the good excepted, will be scoured with want and famine. The great nation in the ocean that is inhabited by people of different tribes and descent by an earthquake, storm and tidal waves will be devastated.  It will be divided, and in great part submerged. That nation will also have many misfortunes at sea, and lose its colonies in the east through a Tiger and a Lion.

Semoga ramalan tersebut bukan untuk Indonesia.

From → Dongeng

One Comment
  1. Sandi Kaladia permalink

    Saya menanyakan
    RAMALAN KEADAAN DUNIA 2014
    kepada Mandalajati Niskala.

    Jawaban Mandalajati Niskala:
    ▀▀█║█▀█║█║█║█
    █▀▀║█║█║█║▀▀█
    ▀▀▀║▀▀▀║▀║║║▀
    █▀▀║█▀▀║█▀█▀█║█║█║█▀█
    ▀▀█║█▀▀║█║█║█║█║█║█▄█
    ▀▀▀║▀▀▀║▀║▀║▀║▀▀▀║▀║▀
    █▀█║║█▀█║█▀█▀█║█▀█║█║║█▀█║█▀█
    █▀▀█║█▄█║█║█║█║█▄█║█║║█▄█║█║█
    ▀║║▀║▀║▀║▀║▀║▀║▀║▀║▀▀║▀║▀║▀║▀
    █▀█▀█║█▀▀║█║║█▀▀║█▀▀║█▀▀║▀█▀
    █║█║█║█▀▀║█║║█▀▀║▀▀█║█▀▀║║█
    ▀║▀║▀║▀▀▀║▀▀║▀▀▀║▀▀▀║▀▀▀║║▀
    PARA AKHLI RAMAL DUNIA
    DARI JAMAN DULU HINGGA KINI
    DI TAHUN 2014 AKAN BINGUNG KARENA
    SEMUA RAMALAN MEREKA TENTANG
    KEADAAN DUNIA 2014 AKAN MELESET.

    Lalu ada kejadian apa?

    Jawab Mandalajati Niskala:
    “ADA KEJADIAN YANG MENGEJUTKAN
    DUNIA YANG TIDAK BISA DIRAMAL.
    INGAT KEJADIAN YANG MENGEJUTKAN
    DUNIA, BUKAN KEJADIAN LOKAL
    DAN ECEK-ECEK”.

    Pengirim komentar:
    @Sandi Kaladia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: