Skip to content

Prediksi Futurolog Abal-abal

September 19, 2011

source: sxc.hu

Tidak mau kalah dengan Presiden SBY yang pensiun mau jadi futurolog, penulis pun akan mencoba menjadi seorang futurolog namun futurolog yang amatir alias abal-abal.

Futurolog dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, berarti orang yang ahli futurologi. Sedang futurologi sendiri berarti ilmu tentang masa depan. Jadi futurolog dapat dikatakan sebagai orang  yang ahli meramal masa depan.

Berbeda dengan ahli nujum atau tukang ramal, futurolog menggunakan metode ilmiah yang menggabungkan berbagai ilmu seni, sejarah, dan sains untuk memprediksi keadaan masa depan.

Beberapa orang yang terkenal akan prediksi masa depannya antara lain Moore, Alvin Tofler, dan John Naisbitt. Moore terkenal dengan hukumnya yang memprediksi bahwa jumlah transistor dalam sebuah IC akan bertambah dua kali lipat setiap dua tahun.

Sedang Alvin Tofler terkenal karena beberapa bukunya yang berisi prediksi masa depan. Salah satu prediksi Alvin Tofler yang terkenal yaitu, akan ada era sesudah era industri yaitu era gelombang ketiga. Gelombang ketiga ini yang sekarang disebut dengan era informasi.

Senada dengan Alvin Tofler, John Naisbitt dalam bukunya Megatrends juga meramalkan adanya era setelah era industri. Di era setelah era industri, akan ada era ekonomi informasi. Di era ekonomi informasi ini, kegiatan ekonomi akan menjadi global dan tidak terpengaruh jarak dan waktu.

Prediksi Abal-abal

Tentunya prediksi penulis tidak bisa dibandingkan dengan orang-orang terkenal di atas. Prediksi berikut tanpa metode apapun sehingga hasilnya tidak bisa dipertanggungjawabkan, wong namanya juga prediksi abal-abal.

OK berikut prediksi saya:

  • Dilihat dari trendnya, krisis ekonomi di Amerika dan Eropa akan semakin parah, dan sedikit banyak akan berpengaruh terhadap ekonomi Indonesia; ini terjadi sekitar tahun 2012-2014.
  • Nilai dollar amerika secara umum semakin merosot dibanding mata uang lain didunia, namun anehnya nilai rupiah malah merosot terhadap dollar amerika.
  • Nilai rupiah mungkin akan merosot antara Rp12.000,- sampai Rp 18.000,- per dollar amerikanya. Hal ini disebabkan dana-dana asing ditarik ke luar negeri, dan BI tidak mampu menahan laju kemerosotan ini karena jumlah devisa yang semakin menipis.
  • Utang-utang pemerintah Indonesia yang jatuh tempo bisa memperparah keadaaan ini. Gali lubang tutup lubang dengan menerbitkan surat utang baru pun akan dilakukan, namun karena rating utangnya turun, surat utang ini tidak begitu laku.
  • Tahun 2012, kemungkinan besar Obama terpilih lagi; namun karena keadaan ekonomi semakin memburuk, bisa jadi Obama diturunkan di tengah jalan.
  • Ekonomi Amerika memburuk, pengangguran semakin banyak, akan memicu terjadi kerusuhan di berbagai tempat di Amerika, yang bisa menyebabkan terjadinya perang sipil.
  • Kerusuhan akan merembet ke negara Eropa dan Asia termasuk Indonesia.
  • Ditambah lagi adanya bencana alam super besar seperti gempa, tsunami dan gunung meletus, yang akan semakin memperburuk ekonomi dunia.
Begitulah prediksi amatir saya. Kalau prediksi di atas salah adalah hal yang wajar, kalau prediksi benar itu karena semata-mata kehebatan penulis (baca: hanya kebetulan belaka).

From → Dongeng

3 Comments
  1. osi permalink

    waahhh bung abal2 temennya banyak tukang ramal…coba saya liat garis tangannya..waah ternyata ada bakat penerus mama loren (jd papa loren)…hihiihiksss…pisss

  2. Pertama anda berbakat jadi futurolog
    Kedua anda berbakat jadi peneliti
    Ketiga anda harus berbakat jadi kedua-duanya
    Keempat anda pede abis …
    Kelima …
    Keenam ..
    dan seterusnya terserah anda ..
    Tapi you oke banget

Trackbacks & Pingbacks

  1. Prediksi Futurolog Abal-Abal: 2014 tahun krusial bagi Indonesia « ..think different..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: