Skip to content

Google Mau Buka Kantor di Indonesia?

July 29, 2011

Sepertinya Google sangat ingin membuka kantor di Indonesia. Terbukti petinggi Google, Eric Schmidt sampai bela-belain naik taksi ketemu wakil presiden Boediono.

Walaupun terkendala regulasi yang mewajibkan data center ditempatkan di Indonesia, tampaknya Google akan tetap memaksa buka kantor di Indonesia tahun ini.

Mengapa sepertinya Google ngotot mau buka kantor di Indonesia?
Karena Google+? Atau karena Facebook mau buka kantor di Indonesia? Atau karena Indonesia pasar search engine yang besar? Bisa jadi seperti itu atau bahkan bukan karena hal-hal tersebut.

Namun yang pasti alasan utamanya, Indonesia adalah sumber uang yang potensial bagi Google. Jadi, kalau Google batal buka kantor di Indonesia, rugi besar mereka.

Model Bisnis Google
Produk utama Google tentu saja adalah mesin pencari. Namun Google tidak mendapatkan untung secara langsung dari mesin pencari tersebut. Untung terbesar Google adalah dari “makelar iklan online”.

Indonesia adalah pasar iklan yang potensial. Situs berita detik.com saja, dalam sebulan omset iklannya bisa mencapai puluhan milyar, dengan harga tiap iklan sekitar 50-150juta per bulan. Belum situs-situs besar lain seperti kompas.com, kaskus, dll.

Dengan potensi pasar iklan online yang begitu besar, sungguh sayang untuk dilewatkan.

“Makelar Iklan Online
Sebagai makelar iklan, Google mempunyai Google Adwords, sebagai tempat orang yang mau mengiklankan produknya (advertiser). Google juga mempunyai jaringan pengiklan Google Adsense, tempat bagi para penerbit iklannya (publisher). Dari selisih harga dari advertiser dan harga yang diberikan ke publisher lah Google dapat untung.

Di Indonesia, sudah mulai banyak bermunculan makelar iklan online seperti ini.  Yang terakhir muncul yaitu “mbak sitti“, yang digadang-gadang mampu menyaingi Google (karena didukung oleh media besar seperti detik.com dan kompas.com).

Namun dari semua makelar iklan online lokal tersebut, belum ada yang bisa dikatakan “bagus”. Selain iklan yang muncul kebanyakan bertemakan obat kuat atau kaya dengan cara cepat, mereka juga terkenal “pelit berbagi rejeki” kepada jaringan penerbit iklannya.

Iklan Google di Halaman Depan detik.com

Mengapa harus buka secepatnya?
Dengan tidak adanya “makelar iklan online” yang menguasai pasar Indonesia, peluang Google terbuka lebar. Apalagi dengan rencana Facebook mau buka kantor di Indonesia, tentu saja Google tidak ingin pasar iklan mereka dikuasai Facebook.

Sebenarnya dengan adanya kantor di Singapura, Google sudah bisa meraup untung dari Indonesia. Namun dengan membuka kantor di Indonesia, Google lebih mudah memperkenalkan produknya. Lebih dekat ke pasar sehingga bisa memberikan pelayananan dengan lebih baik.

Seberapa besar pangsa pasar iklan online ini?
Yang pasti sangat besar. Apalagi target Google adalah usaha kecil dan menengah (UKM). Jumlah UKM Indonesia mungkin sekitar 50 juta unit.

Kalau saja 1% dari jumlah UKM tersebut belanja iklan online 1 juta rupiah per bulannya, omsetnya sudah 500 milyar.

Itu baru dari UKM saja, belum dari perusahaan besar yang budget iklannya lebih besar.

Seberapa menguntungkan iklan online Google?
Tentunya sangat menguntungkan. Coba perhatikan situs berita detik.com. Paling tidak, ada 3 iklan Google yang muncul di halaman depan.

Coba perhatikan halaman berita detik.com dan kompas.com, minimal 1 iklan Google muncul di halaman berita tersebut.

Iklan yang muncul pun sudah banyak yang berbahasa Indonesia. Itu berarti sudah banyak orang Indonesia yang mengiklankan produknya melalui Google.

Hal ini menandakan pasar iklan Google sudah establish di Indonesia. Tinggal dipoles sedikit, uang akan mengalir lebih deras ke Google.

Lowongan kerja di Google Indonesia?

Yah, paling lowongan yang berhubungan dengan iklan. Mungkin akan dibuka lowongan marketing, sales, technical support, dan pekerjaan lain yang mendukung usaha iklan online ini.

Jangan berharap akan ada lowongan engineer untuk search engine. Jangan berharap ada lowongan programmer untuk  Google Maps, Google Mail, dll.


==

Begitulah..sekedar opini dari saya.

One Comment
  1. adegaos permalink

    bener sepertinya.. karena di belakangnya ada peluang dapat duit..

    kita lihat saja nanti ya..😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: