Skip to content

Goa Maria Karmel Lembang

May 14, 2011

Bagi umat Katolik, bulan Mei identik dengan bulan Maria. Pada bulan Mei ini, Gereja Katolik mendedikasikan devosinya untuk Bunda Maria.

Biasanya pada bulan ini, Goa Maria rame dikunjungi peziarah untuk berdoa atau sekedar berdiam diri. Salah satu Goa Maria di daerah Bandung yaitu Goa Maria Karmel di Lembang, Bandung.

Goa Maria Karmel Lembang

Goa Maria Karmel Lembang

Cukup mudah untuk sampai tempat ini. Kalau anda dari Bandung, cari saja angkot menuju ke lembang, kemudian turun di depan kantor polisi. Cara yang termudah adalah dari Stasiun Bandung naik angkot Stasiun-Lembang yang mangkal di depan pintu stasiun utara (pintu baru). Atau kalau dari Simpang Dago naik angkot Caheum-Ledeng turun di terminal Ledeng, kemudian sambung lagi dengan angkot ke Lembang.

Goa Maria ini relatif kecil dibanding dengan Goa Maria di daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Suasananya cukup tenang dan sejuk. Kalau lagi sepi, anda dapat berlama-lama berdoa di sini.

Goa Maria Karmel Lembang

Sebelum menuju ke Goa Maria ini, sebaiknya anda melakukan jalan salib terlebih dahulu. Walaupun relatif pendek, jalan salibnya sangat bagus. Tamannya tertata indah.


Petunjuk Arah Jalan Salib


Jalan Salib


Perhentian XII


Perhentian V & VI

Kalau anda suka bertualang, anda dapat berjalan kaki dari Dago sampai Lembang. Jalur detilnya saya lupa, kira-kira jalurnya sebagai berikut:

– Dari Simpang Dago, ke atas menyusuri Jalan Dago, sampai Terminal Dago, silakan tanya jalan ke Goa Belanda (Taman Ir. H. Juanda). Sebaiknya anda bertanya jalan pintas yang lewat rumah-rumah penduduk, karena lebih cepat sampai.

– Sampai di taman ini, anda dapet menyusuri Goa Jepang dan Goa Belanda. Di belakang Goa Belanda terdapat jalan setapak naik ke atas. Susuri jalan tersebut. Kalau hari Minggu jalan ini ramai dengan orang yang berolahraga.

– Jalan setapak ini akan menuju ke sebuah air terjun (saya lupa namanya). Dari situ, silakan bertanya jalan ke lembang.

From → Review, Traveling

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: