Skip to content

Tips Booking AirAsia

February 28, 2011

Sekedar berbagi tips tentang booking AirAsia mungkin berguna bagi kita.

1. Login Terlebih Dahulu

Bila belum mempunyai akun, anda dapat mendaftar terlebih dahulu. Dengan mempunyai akun AirAsia, kita bisa melihat booking yang pernah kita lakukan. Hal ini berguna bila kita lupa travel itinerary atau ingin mencetak ulang itinerary-nya.  Apalagi bila kita pesannya sudah tahun lalu, kemudian kita lupa kode booking dan kapan tanggal berangkatnya.

Bila anda belum menjadi anggota namun mau mengirim ulang itinerary-nya, anda dapat mengisi form di sini.

2. Bagasi

Ada dua tipe bagasi di pesawat yaitu checked dan unchecked. Checked adalah bagasi tercatat yang diserahkan untuk dibawa ke pesawat. Unchecked adalah bagasi yang ditenteng ke dalam kabin. Bila anda hanya membawa tas jinjing ringan bawa saja ke dalam kabin.

Ingat ada biaya tersendiri bila anda menggunakan fasilitas checked baggage. Pesan checked baggage pada waktu beli tiket lebih murah daripada pada saat check in. Jadi sebaiknya pesan checked baggage pada saat pembelian tiket.

3. Makanan

Bila perjalanan anda singkat, jangan beli makanan baik pada saat pesan tiket maupun di dalam pesawat. Harga makanan relatif  mahal.

4. Nama di Tiket

Pastikan nama di tiket sama dengan identitas KTP atau Paspor. Untuk tiket promo anda tidak bisa mengganti nama, jadi bila anda batal maka tiket hangus.

Untuk tiket jenis lain anda dapat mengganti nama dengan biaya tambahan tertentu. Untuk mengganti nama anda menghubungi call center AirAsia.

5. Tempat Duduk

Bila anda naik pesawat berombongan, sebaiknya pilih tempat duduk agar duduknya tidak terpisah-pisah. Bila anda tidak memilih tempat duduk, maka anda akan mendapat tempat duduk secara acak walaupun check-in bersamaan.

6. Asuransi

Sebaiknya anda membeli asuransinya sekalian. Jangan berharap terlalu tinggi pada budget airline, pesawat delay, bagasi hilang, barang hilang, dll mungkin terjadi dalam perjalanan anda. Untuk memproteksi semuanya itu sebaiknya anda membeli asuransi perjalanan sekalian. Pastikan anda membaca  perjanjian dan prosedur klaim. Pastikan juga anda mendapat sertifikat asuransinya juga.

7. Tiket Promo

Tiket promo bisa didapat bila anda membeli jauh-jauh hari. Sebaiknya rencanakan perjalanan anda jauh-jauh hari.

Tiket promo biasanya ada untuk hari kerja misal hari rabu/kamis dan low season. Jadi kemungkinan kecil anda mendapat tiket promo pada saat high season (misal liburan sekolah), atau untuk hari sabtu dan minggu.

8. Tiket Promo Murah Banget

Untuk mendapatkan tiket promo yang sangat murah, anda harus rajin-rajin cek web AirAsia. Bookinglah pada saat promo baru dibuka, karena lebih banyak peluang mendapatkan tiket promo. Booking pada saat promo mau ditutup selain peluangnya berkurang, sistem biasanya juga lambat karena banyak orang yang bersamaan juga memesan.

9. Bandingkan Harga dengan Airline Lain

Sebelum membeli bandingkan terlebih dahulu harga akhir yang anda peroleh dengan perusahaan penerbangan lain. Bisa jadi jika dihitung-hitung total harga (harga dasar +  checked baggage + asuransi + pajak + biaya lain-lain) jadinya lebih mahal dibanding dengan tiket ekonomi Garuda.

From → Tips

One Comment
  1. “Bisa jadi jika dihitung-hitung total harga (harga dasar + checked baggage + asuransi + pajak + biaya lain-lain) jadinya lebih mahal dibanding dengan tiket ekonomi Garuda.”

    Bener banget. gw aja masak JKT-JOG naik AA Rp420rb, naik GA cuma Rp370rb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: