Skip to content

Mastery Formula

June 1, 2010

Mau jago tentang segala sesuatu dari bisnis, musik, sampai ke bahasa inggris?

Maka anda dapat mencoba mastery formula dari A.J. Hoge, Learn English Mastery Formula. Formula belajar yang cukup menarik. Formula ini sebenarnya dibuat untuk yang belajar bahasa Inggris, namun bisa juga diterapkan untuk belajar apa saja. Versi podcast/mp3 nya dapat diunduh di sini.

Menurut formula tersebut ada 3 poin yang harus diikuti:

  1. Find an OUTSTANDING coach, mentor, role model, or teacher.
    Mencari guru/pelatih/mentor yang luar biasa yang mampu mendidik, mengarahkan, dan memberi semangat  sangatlah penting. Tidak semua orang bisa menjadi guru yang baik. Pemain sepakbola yang terkenal keahliannya belum tentu bisa menjadi pelatih yang baik. Pemain gitar kelas dunia, belum tentu bisa menurunkan skillnya ke muridnya.

    Untuk menjadi seorang master, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari guru yang luar biasa. Guru yang tidak hanya jago skill-nya, namun jago pula dalam mengajarkan ilmunya. Guru yang sabar, punya teknik pembelajaran yang bagus, guru yang bisa membuat kita ingin belajar terus-terusan, guru yang selalu mendorong dan memotivasi kita.  Intinya carilah guru yang luar biasa yang membuat kita haus untuk menggali ilmu.

    Mencari guru seperti ini tidaklah mudah. Mungkin perlu waktu bulanan sampai tahunan. Mungkin perlu berpindah-pindah dari padepokan satu ke padepokan yang lain.  Namun jangan menyerah, carilah terus guru yang tepat.

  2. Practice “CANI” (Constant And Never-ending Improvement)
    Belajar secara konsisten sedikit demi sedikit setiap hari sangatlah penting. Untuk menjadi seorang master perlu waktu, untuk itu belajarlah setiap hari, misal 1 jam sehari. Lakukan secara konsisten, walaupun peningkatan ilmunya sedikit tapi yang penting dilakukan secara konsisten tanpa henti setiap harinya.

    Ibarat sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, belajar untuk menjadi master juga demikian. Belajar setidaknya sejam sehari, tahu-tahu dalam setahun anda sudah jago.

  3. Learn Intensely
    Walaupun kita sudah belajar sedikit demi sedikit setiap hari, namun secara berkala kita perlu belajar secara intensif. Formula ini merekomendasikan untuk belajar secara intensif setiap 3-5 bulan sekali selama 4 minggu. Artinya dalam waktu 4 minggu, kita harus belajar secara intensif, misalnya sehari belajar selama minimal 5 jam.

    Jadi belajar secara intensif selama 4 minggu ini dilakukan secara berkala. Hal ini dilakukan untuk memenuhi otak dengan ilmu yang kita pelajari.

Itulah formula untuk menjadi seorang yang master.  Jadi formula untuk menjadi master yaitu: carilah guru yang tepat, belajarlah konsisten sedikit demi sedikit setiap hari, dan belajar intensif secara berkala. Selamat belajar!

From → Review, Tips

2 Comments
  1. cita2 permalink

    ” Formula ini sebenarnya dibuat untuk yang belajar bahasa Inggris”…

    yah kalo belajar bahas inggris di Indonesia mungkin memang bettulll…tapi kalo mau bisa berbahsa inggris ya mesti tinggal laama yah at least 1,5 tahun.

  2. cita2 permalink

    ” Formula ini sebenarnya dibuat untuk yang belajar bahasa Inggris”…

    yah kalo belajar bahas inggris di Indonesia mungkin memang bettulll…tapi kalo mau bisa berbahsa inggris ya mesti tinggal laama di inggris tentunya at least 1,5 tahun. kan ga ada yg ganggu2 dengan bahasa 33 provinsi =p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: