Skip to content

E-readiness vs Corruption Perception Index

February 13, 2009

Saya mendapat tugas untuk membandingkan e-readiness dengan corruption perception index.  Supaya tidak hilang, saya tulis juga di blog ini dengan sedikit perubahan. Kira-kira berikut lah hasilnya, maaf bila analisisnya masih terlalu dangkal.


E-readiness

E-readiness adalah ukuran dalam pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi demi keuntungan ekonomi dan sosial, dalam suatu negara.

Yang diukur dalam e-readiness adalah kualitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), dan kemampuan konsumen, perusahaan, dan pemerintah dalam menggunakan TIK untuk meningkatkan keuntungan dan pelayanan kepada masyarakat.

Dengan ukuran ini, pemerintah bisa memperkirakan keberhasilan strategi TIK.  Semakin berhasilnya TIK diharapkan aktivitas ekonomi bisa menjadi transparan dan efisien.  Sehingga dengan kualitas yang baik,  para pemodal asing bisa menginvestasikan uangnya ke dalam negeri.

Nilai e-readiness berkisar dari angka 0 – 10. Nilai ini dikeluarkan oleh  Economist Intelligence Unit yang bekerja sama dengan IBM Institute for Business Value.  Semakin besar nilai e-readiness, berarti kesiapan TIK nya semakin baik.

Pada tahun 2008,  Indonesia mendapat nilai 3,59;  dan berada pada peringkat 68 dari 70 negara.


Corruption Perception Index (CPI)

Korupsi dalam CPI ini, didefinisikan sebagai penggunaan kekuasaan publik untuk keuntungan pribadi.  CPI adalah ukuran persepsi masyarakat terhadap korupsi di pejabat publik.

CPI adalah indeks dari berbagai survey data korupsi.  CPI dikeluarkan oleh lembaga Transparency International. Indeks ini merefleksikan pandangan dari pengusaha, masyarakat, dari dalam negeri ataupun dari luar negeri.

Nilai CPI berkisar dari angka 0 – 10. Semakin besar indeksnya berarti semakin sedikit korupsi terjadi (menurut pandangan orang yang disurvey).  Indonesia pada tahun 2008, mendapat nilai 2,6;  dan berada di urutan ke-126 dari 180 negara.


Perbandingan e-readiness dan CPI negara Indonesia

tabel_cpi

grafik_cpi

Grafik 1
Dari grafik 1, nilai e-readiness dan CPI mempunyai kecenderungan meningkat dari tahun ke tahun.

Dengan tingginya tingkat e-readiness, diharapkan kemampuan TIK tersebut akan membuat transparansi dan efisiensi dalam berbagai kebijakan publik.  Transparansi dan efisiensi ini diharapkan akan menurunkan persepsi masyarakat tentang korupsi.

Kalau dilihat dari harapan di atas, kemungkinan ada korelasi bahwa peningkatan nilai e-readiness mempengaruhi naiknya CPI. Atau malah sebaliknya CPI mempengaruhi naiknya nilai e-readiness.

Tapi yang jelas kedua-duanya mempunyai kecenderungan naik. Berarti ada usaha dari dalam negeri (pemerintah khususnya) untuk memperbaiki infrastruktur TIK dan mengurangi korupsi di Indonesia.

Grafik 2

Peringkat e-readiness Indonesia cenderung semakin menurun (dibanding dengan negara lain) dari tahun ke tahun, walaupun nilai e-readiness-nya meningkat. Ini menunjukkan bahwa negara lain TIK-nya maju semakin cepat. TIK di Indonesia semakin tertinggal dari negara lain.  Strategi dan penyerapan TIK Indonesia belum mampu untuk mengungguli strategi negara lain.

Dari grafik 2, juga dapat dilihat bahwa peringkat CPI cenderung semakin naik (dibandingkan dengan negara lain) dari tahun ke tahun. Hal ini menunjukkan pemberantasan korupsi semakin berhasil.

Pada tahun 2008 terjadi kenaikan tajam dari peringkat CPI.  Pada tahun 2008 juga, peringkat e-readiness malah semakin anjlok.


Kesimpulan

Nilai e-rediness dan CPI cenderung naik, ada usaha pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur TIK dan mengurangi korupsi di Indonesia.

– Peringkat e-readiness Indonesia cenderung turun, kesiapan infrastruktur TIK & pendukungnya semakin tertinggal dengan negara lain

– Peringkat CPI Indonesia cenderung naik, pemberantasan korupsi mulai menampakkan hasil

– Di Indonesia, belum ada korelasi jelas apakah nilai e-readiness mempengaruhi CPI, atau CPI mempengaruhi e-readiness

Referensi

[1] E-readiness – http://en.wikipedia.org/wiki/E-readiness

[2] Corruption Perceptions Index – http://en.wikipedia.org/wiki/Corruption_Perceptions_Index

[3] 2004, 2005. 2006, 2007, 2008 Corruption Perceptions Index – http://www.transparency.org/policy_research/surveys_indices/cpi

[4] 2004, 2005. 2006, 2007, 2008 EIU e-readiness rankings, Economist Intelligence Unit

From → Opini, Peraturan

One Comment
  1. WHisnu permalink

    luar biasa lin…teruskan perjuanganmu nak untuk mengadu nasib di jakarta….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: