Skip to content

Hukum Moore Itu Palsu!!!

July 10, 2007

Pernah dengar hukum Moore? Hukum Moore yang dalam bahasa Inggris disebut Moore’s Law, pada awalnya menyatakan bahwa jumlah transistor dalam sebuah IC akan meningkat dua kalinya dalam 24 bulan. Kemudian lebih terkenal dengan pernyataan bahwa kecepatan processor komputer akan meningkat dalam 18 bulan.

Jadi bila kamu sekarang mempunyai komputer dengan processor 3 GHz, maka tiga tahun lagi kamu harus mengupgrade processor dengan ke 12 GHz. Tidak bisa aku bayangkan processor 12 GHz itu seperti apa, mungkin sebelum diklik programnya sudah mengklik sendiri saking cepatnya. Apalagi bila corenya mengikuti hukum Moore, sekarang sudah ada 8 core, berarti 3 tahun lagi akan ada akan processor dengan 32 core, dotriaconta core.

Tapi itu semuanya sebenarnya PALSU!!

Waktu aku kecil dulu pertama memegang komputer sekitar tahun 1991, waktu itu ayahku membeli komputer 386DX dengan frekuensi 386 MHz, dengan RAM 2 MB, dengan operating system Windows 3.11. Wah senang sekali hati ini bisa memakai komputer. Alhasil aku kutak-katiklah komputer itu, dan rusaklah komputer itu.

Kemudian komputer tersebut dibawa ke tempat reparasi, setelah diambil dari tempat reparasi, RAM tinggal 1 MB. Pastilah tempat reparasi itu telah mengurangi RAM komputer ayahku. Parah juga tuh tempat reparasi itu, alhasil windows tidak bisa dijalankan, tinggal program-program DOS yang bisa berjalan.

Setahun kemudian aku mengikuti kursus Lotus 123 dan Wordstar 7 dengan ibuku di suatu tempat kursus yang sekarang sudah tutup. Waktu itu aku memakai komputer Intel 486dx. Lulus dengan nilai memuaskan, walaupun setelah lulus aku juga masih belum mengerti bagaimana memakai program-program tersebut, apalagi ibuku yang malah tambah takut untuk mengetik di keyboard, yang akhirnya kembali ke kebiasaaan lamanya mengetik di mesin ketik manual.

Karena malas menulis yang panjang-panjang, maka aku menskip beberapa komputer yang pernah aku pakai sampai setahun yang lalu.

Setahun yang lalu aku bekerja di suatu perusahaan yang sangat aneh. Perusahaan milik orang Singapura. Direkturnya datang ke Indonesia sebulan sekali selama seminggu. Dan atasan langsungku adalah direkturnya langsung. yang kalau marah bisa membuat kenyang perut dan muntah-muntah. Makanya tidak heran kalau dalam setahun bisa masuk 20 orang pegawai baru, dan yang keluar 30 orang. Waktu itu aku pakai Intel Pentium IV 2.4 GHz.

Sekarang aku pakai Intel Pentium III 800 MHz.

Hukum Moore Itu Palsu!!!

From → Dongeng

3 Comments
  1. Gile taun 91 dah punya 386??? Gw taun 94 baru punya 386DX 40MHz…

    Elu sih cabut. Coba masi di perusahaan aneh itu, uda gw kasi dual core hehehe.

  2. Sori om maksudnya 386DX bukan MHz

  3. aMELia permalink

    Parah luuu , hha
    c moore dah cari cape cape juga , hoho

    PALSU !!! Hihi X)

Leave a Reply

