Skip to content

Hari Ini Tanggal 6 Desember 2006 Jam Setengah Tiga Sore : Hujan!!

December 6, 2006

Itu saja. Aku hanya ingin menulis bahwa pada saat aku menulis tulisan ini, hari sudah mulai hujan. Yah musim hujan sudah mulai datang. Banjir sudah siap menghadang.

Masih teringat musim hujan tahun lalu, selama hampir satu minggu berturut-turut tiap pagi hari, hujan turun. Dan selama seminggu berturut-turut aku ke tempat kerja dengan menggunakan sendal bututku yang kubeli tiga tahun yang lalu di Bandung. Masih ingat pula teman kerja ku yang dimarahi big boss karena menjemur kaos kakinya di depan kantor. Mungkin gara-gara itu temanku itu meninggalkan kantor ku ini tahun lalu, dan mungkin karena kangen dimarahi big boss maka dia kembali ke kantor bututku ini lagi tahun ini, tentunya dengan gaji yang naik berlipat.

Terngiang lagu anak-anak yang sekarang mungkin dilupakan oleh anak-anak jaman sekarang.

Tik-tik bunyi hujan di atas genting
Airnya turun tidak terkira
Cobalah tengok dahan dan ranting
Daun dan kebun basah semua

Lagu itu pertama aku nyanyikan ketikan aku TK. Walaupun TK aku tidak lulus, tapi aku masih ingat lagu itu. Sekarang aku tinggal di ibukota yang hampir tidak ada rumah yang punya kebun, maka aku mempertanyakan masih relevankah lagu itu untuk anak-anak di ibukota?

Teringat pula waktu sekolah di SD yang sekarang sudah digusur karena kekurangan murid. Waktu itu pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, kalo gak salah waktu itu kelas aku kelas empat, dan diajar oleh seorang guru galak yang sekarang sudah almarhum. Hujan datang dari awan yang mengembun. Awan berasal dari air sungai, air laut dan segala air di darat yang menguap karena panas. Air di darat berasal dari hujan. Begitulah seterusnya.

Ya sudahlah, lagian hujan sudah berhenti.

From → Dongeng

Leave a Comment

Leave a Reply

