Skip to content

Tentang Pajak Import

October 6, 2009

Mungkin anda pernah mendapat paket dari luar negeri dengan pajak yang besar? Nilai paket 5 juta tapi kena pajak 3 juta?

Kemudian anda menuduh bahwa tukang pos telah memalak anda? Atau pihak bea cukai curang?

Eits..Tunggu dulu..jangan menyalahkan orang terlebih dahulu…mungkin anda belum tahu benar peraturan pajak yang berlaku di Indonesia.

Berikut pengalaman dan pengetahuan saya tentang pajak dalam mengimport barang. Saya bukan orang yang ahli pajak, sehingga penjelasan berikut belum tentu benar 100%, namun diharapkan bisa membantu anda.  Sebaiknya anda bertanya ke konsultan pajak untuk penjelasan lebih lanjut.

Import
Saya tidak tahu persis definisi import menurut undang-undang, tetapi kira-kira adalah suatu kegiatan memasukkan barang dari luar negeri ke dalam negeri.

Bila saudara anda mengirim paket dari luar negeri apapun isinya, itu termasuk import, walaupun itu adalah barang-barang anda sendiri.

Lewat manapun anda mengirimnya, lewat kantor pos, UPS, FedEx, atau jasa pengiriman lainnya, itu termasuk import.

Pabean/Bea Cukai
Semua barang import, terlebih dulu masuk ke pabean. Di pabean barang diperiksa, isi paket dibuka. Jadi yang membuka isi paket adalah pihak bea cukai disaksikan pihak kantor pos.

Kemudian kantor pos akan membungkus ulang paket. Saya tidak tahu pasti biaya bungkus ulang ini, kadang-kadang kena Rp 3.000,- , kadang-kadang Rp 7.000,-

Tiap jenis barang memiliki nilai bea masuk yang berbeda-beda dan pajak berbeda-beda. Bisa dilihat di link BTBMI di bawah.

Pajak
Yang menentukan berapa pajak barang anda adalah pihak bea cukai. Kantor pos hanya menerima pembayaran pajak yang dibebankan kepada anda. Bila anda bertanya kepada pihak pos darimana asal-usul perhitungan, mereka akan menyuruh anda menghubungi pihak bea cukai langsung.

Total biaya yang kena pajak, adalah nilai barang ditambah nilai ongkos kirim, disebut juga FOB (Freight On Board).  Bila tidak tercantum nilai barang, maka pihak bea cukai akan mengira-ngira nilainya. Oleh karena itu penting untuk mencantumkan nilai barang.

Untuk FOB dengan nilai di bawah 50 dollar, dibebaskan dari bea masuk dan pajak. Jadi bila anda ingin terbebas dari pajak, usahakan nilai barang dan ongkos kirim tidak lebih dari 50 dollar.

Bila nilai FOB lebih dari 50 dollar, maka anda akan kena bea masuk dan pajak. Pajak yang sudah pasti adalah PPN 10% dan PPH pasal 22 sebesar 7,5% (dengan asumsi anda tidak punya Angka Pengenal Importir -API). Jadi pajak yang pasti anda bayarkan adalah 17,5%.

Anda pun akan kena pajak lainnya, seperti pajak barang mewah, dan pajak lainnya tergantung jenis barang. Bisa dilihat di table BTBMI di bawah.

Perhitungan
Bila barang anda seharga 5 juta, ongkos kirim 1 juta, kira-kira berapakah uang yang anda keluarkan di kantor pos?

Jawab
Total FOB = 5 juta + 1 juta = 6 juta
PPN + PPH 22 = 17,5% x 6 juta = Rp 1.050.000,-
Bea Masuk = Rp Y,- (bisa dilihat ditabel BTMBI)
Pajak lainnya = Rp Z,-  (bisa dilihat ditabel BTMBI)
Biaya bungkus ulang = Rp 3.000,-

Total biaya = PPN + PPH 22 + Bea Masuk + Pajak lainnya + Biaya bungkus ulang
= Rp 1.050.000,- + Rp Y,- + Rp Z,- + Rp 3.000,-

Hal-hal lain

Bila anda kena pajak yang besar, biasanya akan ada pihak bea cukai yang menawarkan bantuan menurunkan pajak. Anda dapat membiarkan atau bekerja sama dengan pihak tersebut, tergantung hati nurani anda. Saya tidak tahu apakah hal tersebut dibenarkan secara hukum atau tidak.

Cek faktur pajak anda palsu atau tidak. Bisa jadi ada oknum di jasa pengiriman barang memalsukan faktur pajak dan menarik biaya yang lebih besar.

Hati-hati memaketkan barang bekas (barang tidak baru), walaupun itu barang anda sendiri. Karena ada barang bekas yang tidak boleh masuk ke Indonesia.

Semoga membantu. Silakan bertanya ke konsultan pajak untu informasi yang lebih jelas dan tepat.

Referensi

Tarif Pajak Impor ppn & pph22

Tarif Bea Masuk Indonesia (BTBMI)

About these ads

From → Peraturan

4 Comments
  1. mimi permalink

    thanks info nya yah …
    makanya nih jadi males beli2 barang di website luar abisnya katanya kadang suka dikerjain di bea cukainya ga dikasi lewat :(

  2. rocky permalink

    thnks info nya yh..orng tua saya import banana boat dari China,tetapi saat akan diambiL di pelabuhan tanjung priok,,prosesnya sangat susah dan membingungkan.selain itu,biaya pengambilan lebih mahal dari harga barang yang saya import tersebut.
    harga barang rp.6.500.000 ,sedangkan biaya pengeluaran dari pelabuhan rp.9.000.000..apakah benar biaya pengambilan yang melebihi harga barang adalah prosedur yang berlaku di negara ini..??bagi siapa saja yang bisa bantu,saya mohon bantuannya.
    terima kasih ,rocky

  3. Cathey permalink

    Phew..saya sedikit lega abis baca artikel ini, kmarin saya abis transaksi di ebay, saya langsung bayar aja, ngga inget kalau nanti akan kena pajak import, tapi barang yg saya beli nilainya < $50 so it's free from tax right? :D

  4. Evelina permalink

    thanks infonya, very helpfull..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: